TOP FIVE TRADITIONAL MUSIC INSTRUMENTS – Rumah Petik Version

Pada acara pernikahan yang bertemakan tradisional, biasanya para pengantin memilih salah satu adat budaya yang mewakili asal tradisi budaya keluarga mereka, atau ada mencampur 2 budaya dalam satu pernikahan, dan ada yang beruntung karena keduanya (pengantin pria dan wanita) memiliki asal budaya tradisional yang sama.
Kadang-kadang rumah petik menemukan pengantin yang berbeda asal muasal tradisi dan budayanya, pengantin pria berasal dari Jawa dan pengantin  wanita dari Bali. Kadang-kadang mereka mengusahakan kedua tradisi budaya mereka tetap hadir dalam pernikahan mereka. Misalkan ketika akad, mereka memakai tradisi Jawa, dan pada saat resepsi mereka menggunakan tradisi Bali. Dan pada resepsi pernikahan, mereka juga menghadirkan musik live gamelan bali untuk mengiringi prosesi keluarga dan pengantin lalu dilanjutkan dengan musik dari entertainment pada saat mengiringi tamu makan malam. Nah, penasaran musik tradisional apa saja yang sering Rumah Petik temui di pernikahan-pernikahan? Simak TOP FIVE TRADITIONAL MUSIC INSTRUMENTS РRumah Petik Version berikut ini:
1. TALEMPONG
Talempong adalah alat musik tradisional adat Minangkabau (seringkali disebut Padang). Bentuknya mirip bonang dalam perangkat gamelan, dan terbuat dari kuningan. Alat musik ini memiliki nada yang berbeda-beda, dan dibunyikan dengan dipukul dengan kayu. Alat musik ini juga dimainkan bersama alat musik lainnya seperti saluang, gandang dan sarunai. Biasanya alat musik Talempong ini digunakan untuk mengiringi tarian (Tarian piring, tari pasambahan, tari gelombang) atau penyambutan, dan juga digunakan untuk mengiringi prosesi pernikahan.
alat musik tradisional sumbar - talempong talempong12. GAMELAN SUNDA
Ganelan Sunda (atau populer dengan sebutan Degung Sunda) adalah salah satu alat musik yang digunakan oleh masyarakat Sunda atau Jawa Barat untuk mengiringi acara-acara resimi seperti pernikahan dan syukuran.
degung3. GAMELAN BALI
Gamelan Bali adalah salah satu jenis gamelan yang ada di Indonesia. Bedanya dengan gamelan Jawa yaitu gamelan Bali menggunakan wilah lebih tebal dibandingkan gamelan Jawa, dan musiknya memiliki ritmik yang lebih cepat. Alat-alat musik yang termasuk didalam gamelan Bali antara lain: Jiyeng, Reyong, Kanthil, Gangse, Jigog, Jublak, Gong, Kenong, Kethuk, Ceng Ceng, Kendhang, Gender, Suling. Gamelan Bali juga merupakan salah satu alat musik yang sering ditampilkan live mengiringi prosesi masuk pengantin dengan adat tradisional Bali.

bali 1bali4. GAMELAN JAWA
Gamelan Jawa adalah kelompok musik yang terdiri dari metalofon, gambang, gendang, dan gong. Iramanya lembut, dan sering digunakan untuk mengiringi pernikahan.
gamelan-jawa5. GAMBANG KROMONG
Gambang Kromong adalah musik tradisional Betawi. Alat musik yang tercakup diantaranya yaitu gambang, kromong, gong, gendang, suling, krecek, sukong, tehyan.
gambang kromong

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s